Sabtu, 15 Desember 2018

SAMSUNG SGH-U900 SOUL HSDPA dengan Sentuhan Navigasi Baru

SAMSUNG SGH-U900 SOUL

Canggih dan stylish adalah karakter untuk SGH-U900. Dirancang mengedepankan navigasi yang unik dan serba baru”

Setelah tahun lalu menggelontorkan varian-varian di U series, Samsung Mobile kembali menghadirkan produk anyarnya di seri SGH-U900. Ponsel dengan rancangan sliding ini menjadi ikon unggulan dalam Samsung Mobile Road Show di Jakarta April laiu. Alasannya, seri ini dilengkapi magical touch, kamera 5 megapixels, akses HSDPA dan teknologi amplifier digital power dari Bang & Olufsen.nkan unsur fesyen. Pengguna tak hanya dimanjakan dengan touch

Selain fitur itu, rancangan SGH-U900 cukup cantik dengan ketebalan hanya 12,9 mm. Dalam katalog yang dirilis, SGH-U900 masuk dalam kelas ponsel style. Pihak vendor memberi identitas “Soul” untuk SGH-U900. Ini wajar, karena keseluruhan tampilan ponsel mencermi sensitive key, lewat magic touch navigasi menu terasa beda dengan paduan graphic user interface yang bisa merespon perintah secara cepat.

Layar

Dibanding U series sebelumnya, SGH-U900 sudah dibekali layar TFT dengan kedalaman 16 juta warna. Dimensi layar cukup memadai denngan bentangan 2,2 inchi - resolusi 240x320 pixels. Konsep user interface-nya lebih atraktif ketimbang U series sebelumnya. Untuk navigasi menu empat arah, juga mengandalkan sistem layar sentuh monokrom dengan Magic Touch.

KEYPAD DAN MAGIC TOUCH

Bentangan keypad dirancang cukup ergonomis dengan konsep flat. Navigasi empat arah di konversi dalam teknologi magic touch dari Dynamic Adaptive Control Panel (DaCP) yang bisa di kus-tomisasi. Magic touch adalah teknologi layar sentuh yang ditambahkan visual ikon menu. Saat layar disentuh, ikon menu akan berpendar mengikuti alur gerak jari tangan.

DESAIN

Memang bukan yang tertipis di kelas sliding, tapi hentakan slidingnya tergolong halus. Untuk menjaga kesan elegan, tak banyak instrumen yang “melingkari” ponsel ini. Di ponsel berwarna metal ini hanya tersedia tombol shortcut kamera, tombol volume, slot Micro SD dan port USB gabungan.

Pengujian : Membuka dan menutup folder, menempatkan ponsel di saku.

  • Catatan : Back cover agak licin, diperlukan tips khusus untuk membukanya.

MUSIK Audio Player

Walau tak fokus di musik, pemutar musik di SGH-U900 tampil dengan fitur terkini. Unggulan fiturnya mencakup last played, multi format MP3/AAC/eACC+/WMA player, artist, podcast dan composer. Dukungan fasilitas juga dipadukan amplifier digital dengan teknologi Bang & Olufsen.

Kamera

Ini kedua kalinya Samsung menghadirkan ponsel 5 Mpix (2560x1536 pixels). Fasilitas pendukungnya mencakup fitur macro, timer, white balance, anti shake, flash light, exposure value, face detection, wide dynamic range, power LED dan ISO (auto/50/100/200.400). Selain 5 Mpix, ada pilihan resolusi lain - 3 Mpix, 2 Mpix dan 1,3 Mpix. Lensa kamera bisa melakukan 4x digital zoom.

Video Recorder

Fasilitas rekam video punya menu yang relatif serupa dengan kamera. Pilihan rekam terdiri dari normal (320x240 pixels) dan (176x144 pixels). Lalu ada pilihan seting MMS (176x144 pixels). Untuk menambah kreasi, juga terdapat fitur video editor, selain juga fitur image editor yang sama-sama terdapat di menu entertainment. ■

  • Pengujian : Dilakukan rekam video dengan format MP4.
  • Catatan : Akan lebih optimal bila maksimum resolusi menggunakan standar VGA (640x480 pixels).

Internet

Ponsel ini termasuk kaya untuk urusan internet, bekal aksesnya terdiri dari GPRS kelas 10, EDGE kelas 10,3G dan HSDPA dengan maksimum speed 7,2 Mbps. Kinerja internet didukung oleh Net Front Browser v3.4. Layar bisa menampilkan format xHTML dan HTML. Fasilitas link ke blog (ShoZu) juga memperkaya menu internet yang ada.

Memori Internal

Total memori internal yang tersedia adalah 128 MB, selain ada bekal tambahan kartu memori eksternal (Micro SD) hingga kapasitas maksimum 8GB. Ini pertama kali ponsel Samsung mampu menjalankan kapasitas Micro SD 8GB. Hal ini menjadikan memori sangat powerful untuk mendukung beragam aplikasi. Slot memori mengadopsi konsep hot swap.

  • Pengujian : Memasang Micro SD 2GB dengan koleksi MP3 70 persen.

Messaging

Menu messaging masih menampilkan konsep standar, long SMS bisa digunakan hingga 2295 karakter. Selain itu tak lupa MMS dan email client siap mendukung aktifitas Anda. Untuk kemudahan forward message, SGH-U900 dibekali converter untuk meneruskan SMS ke sebuah format MMS.

Konektivitas

Bluetooth menjadi bekal konektivitas nomor satu, bluetooth berkemampuan lengkap mulai dari printing, push object hingga stereo headset A2DP. Fasilitas koneksi kedua yakni USB kabel data untuk berkirim file dan sinkronisasi ke PC.

Kesimpulan

Buat Anda yang senang desain ponsel cantik, SGH-U900 bisa menjadi pilihan. User interface tak jauh beda dengan U series sebelumnya, tentu ada pembaharuan di sana sini. Koneksi intenet termasuk baik, apalagi inject proxy GPRS sudah disiapkan dengan pilihan operator-operator baru di Tanah Air. Pancaran suara juga cukup apik, hanya saja magic touch kurang pas digunakan untuk fungsi kontrol di menu gaming.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar